Apa Itu Investasi dan Jenis-Jenisnya yang Menguntungkan? Berikut Ulasannya


Sering kita mendengar anggapan bahwa generasi millennials saat ini hanya bisa gaya padahal dompetnya tipis.

Apakah benar? Untuk menjawab pernyataan tersebut balik lagi pribadi masing – masing. Namun, ada tipsnya nih untuk kamu yang ingin tetap tampil gaya dengan dompet tetap tebal.

Tips-nya adalah dengan investasi sedini mungkin. Dengan melakukan investasi pada instrumen yang tepat, kamu bisa mematahkan anggapan bahwa generasi millennials sering mengabaikan masa depan. Apa itu investasi? Berikut ulasan lengkapnya

Mengenal Investasi

Investasi adalah aktivitas menempatkan modal baik berupa uang atau aset berharga lainnya ke dalam suatu benda, lembaga, atau suatu pihak dengan harapan pemodal atau investor kelak akan mendapatkan keuntungan setelah kurun waktu tertentu. Karena harapan mendapatkan keuntungan di kemudian hari inilah investasi disebut juga sebagai penanaman modal.

Istilah investasi sendiri berasal dari kata Bahasa Italia, investire yang berarti memakai atau menggunakan. Umumnya, dana atau aset yang ditanamkan oleh seorang investor akan dikembangkan oleh badan atau pihak yang mengelola. Keuntungan dari hasil pengembangan tersebut nantinya akan dibagikan kepada investor sebagai imbal balik sesuai dengan ketentuan antara kedua pihak.

Secara ekonomi, dalam investasi, pemodal akan membeli sesuatu yang tidak akan dipergunakan sekarang. Sesuatu yang dibeli tersebut disimpan sebagai harta yang setelah melewati masa tertentu dapat mengalami perubahan nilai. Investasi tidak selalu berujung menghasilkan keuntungan. Terdapat risiko kerugian juga dalam berinvestasi. Maka dari itu, penting sekali memahami jenis-jenis investasi dan risikonya.

Jenis Investasi yang Menguntungkan

Berikut ini panduan investasi untuk millennials dan beberapa instrumen investasi yang cocok untuk generasi milllenials:

1. Investasi Reksadana

Untuk kamu yang berjiwa patriot patut coba investasi di di Reksadana nih. Pasalnya selain dapat dimulai dengan jumlah yang terbilang minim yakni mulai dengan Rp 100 Ribu kamu juga akan berpotensi mendapatkan untung yang berlipat ganda.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah, kamu wajib cermat memilih manager investasi yang akan mengelola uang mu nantinya. Karena konsep reksadana sendiri sebenarnya adalah investasi pada instrumen saham namun yang mengelola pembelian dan penjualan saham tersebut nantinya adalah manager investasi.

Agar menghasilkan keuntungan maksimal, kamu perlu mempelajari beberapa hal seperti mempertimbangkan karakter, kesehatan keuangan serta kondisi keuangan dari manager investasi reksadana. Setelah itu, jangan lupa untuk mengevaluasi dunia investasi yang sudah kamu tanam tersebut, setidaknya empat bulan sekali.

2. Investasi Properti

Nah untuk kamu yang berharta sultan, investasi properti sangat cocok nih. Bisnis properti dianggap sebagai instrumen investasi yang selalu menguntungkan. Namun sayangnya dana yang dibutuhkan terbilang besar.

Tips untuk memulai investasi properti di usia muda adalah dengan memilih properti di lokasi-lokasi yang jauh dari pusat kota. Pasalnya harga properti di daerah tersebut masih terbilang lebih murah dibandingkan pusat kota.

Meski jauh, dari waktu ke waktu harga properti kamu akan mengalami peningkatan. Dan jika saatnya tiba nanti, kamu bisa menjualnya dengan harga lebih tinggi daripada saat membelinya.

3. Investasi P2P Lending

Mau ingin berinvestasi sekaligus menolong sesama? Coba deh investasi di peer-to-peer (P2P) lending. Jenis investasi ini sedang booming akhir – akhir ini dan termasuk jenis investasi yang cocok juga untuk generasi millennials.

Cara kerjanya adalah meminjamkan uang ke peminjam secara online. Peminjam dapat datang dari berbagai macam latar belakang seperti petani, pelaku UMKM maupun individu yang membutuhkan dana cepat. 

Keuntungan dari investasi P2P adalah investor dapat memberikan pendanaan kepada peminjam yang mereka kehendaki serta mengontrol penuh bunga yang ingin didapatkan. Sementara bagi peminjam mereka dapat mengajukan peminjaman tanpa jaminan secara online dengan bunga yang rendah.

Aman gak? Tenang… Beberapa situs penyedia investasi P2P lending sudah diawasi dan difasilitasi oleh pihak ketiga Otoritas Jasa Keuangan (OJK), salah satunya adalah Amartha Mikro Fintek. Amartha.com. sebagai microfinance marketplace yang berfokus pada pemberdayaan perempuan pengusaha mikro lewat layanan keuangan inklusif, mengajak generasi milenial untuk memulai berinvestasi dengan prinsip impact investing. Impact investing atau pendanaan berdampak adalah strategi investasi yang menghasilkan keuntungan sekaligus menciptakan dampak positif untuk sosial dan lingkungan.

Apakah investasi di Amartha aman? Tingkat keamanan investasi Amartha sangat terjaga. Selain pembiayaan dijamin oleh perusahaan penjamin kredit, Amartha juga menerapkan sistem pengendalian berbasis teknologi untuk meminimalkan risiko.

Amartha sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi finansial pun telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai PT Amartha Mikro Fintek dengan nomor S-2492/NB.111/2017 pada 31 Mei 2017. Dengan begitu, kegiatan operasionalnya diawasi OJK.

Dengan pengawasan dari OJK, sistem yang diterapkan oleh Amartha harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh pemerintah, sehingga legal dan aman.

Jadi, sudah mengetahui apa itu investasi serta instrumen investasi mana yang akan kamu pilih? Jangan kelamaan berpikir ya, karena percayalah sebaik-baiknya investasi adalah investasi yang dilakukan bukan dipikirkan.

1 komentar:

  1. Investment, a crucial financial move! This review sheds light on profitable types. From stocks to real estate, it's essential to diversify wisely for long-term financial success. Thankyou for the post .
    New Jersey Traffic Court Lawyer
    Traffic Ticket lawyer Bergen County New Jersey

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.